Kamis, 12 Desember 2013

Latar belakang saya membuat tema Karikatur




LATAR BELAKANG
Saya membuat tema tersebut karena menurut saya dengan adanya saya membuat tema blog tentang  karikatur orang bisa lebih tahu apa karikatur itu, karena selama ini masih banyak yang belum mengetahui apa karikatur itu dan apa fungsinya. Karena pada dasarnya Karikatur memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.
Dengan adanya karikatur orang bisa lebih terbantu dalam mengenali gambar seseorang serta lebih mudah memahami apa yang di gambarkan melalui karikatur daripada gambar biasa. Karena karikatur memiliki gambaran makna tersendiri dibandingkan gabaran-gambaran lainnya serta memiliki makna atau kesimpulan yang bisa dipetik dari karikatur tersebut.
Tidaklah salah apabila saya membuat blog tentang pentingnya karikatur dalam kehidupan manusia. Selain itu buat pecinta seni atau menggambar bahkan buat orang-orang yang mempunyai cerita entah itu kesenangan atau kesedihan dapat meluapkan hasrat atu perasaannya melalui karikatur. Terutama kepada siswa-siswi, serta mahasiswa-mahasiswi dapat meluapkan pikirannya dalam bentuk karikatur mengenai hal pendidikan karena karikatur juga ada tentang karikatur pendidikan sehingga memudahkan mereka dalam meluapkan perasaannya. Dan  kita bisa tahu pendidikan di Indonesia sekarang seperti apa melalui gambaran karikatur. Karena pada saat ini Para siswa/i diharapkan dapat menjadi seorang pelajar yang baik, yang memiliki gagasan dan ilmu pengetahuan yang luas sampai selesainya pendidikan tamat belajar 12 tahun, mereka memerlukan kecerdasan, dan perilaku yang baik untuk menjadi siswa/i yang berprestasi dengan tidak mengandalkan kemampuan teman, dengan contoh mencontek, siswa/siswi di didik untuk memiliki kepercayaan diri sendiri terhadap kemampuannya. Karena karikatur itu bersifat bebas dan positif selama masih memiliki sifat moral.
Sebelumnya saya akan menjelaskan apa karikatur itu, Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut, biasanya objek tersebut adalah wajah manusia. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Karikatur dibedakan dari kartun karena karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis.
Dalam membuat karikatur, karikaturis melakukan observasi untuk menentukan ciri khas yang membuat subjeknya berbeda dari orang lain, dan melebih-lebihkan ciri tersebut. Untuk itu, karikaturis membandingkan wajah subjeknya dengan wajah orang rata-rata, dan melebih-lebihkan perbedaannya. Misalnya, jika subjek karikatur memiliki hidung yang lebih panjang dibandingkan orang rata-rata, gambaran hidung subjek tersebut di karikaturnya akan jauh lebih panjang. Namun demikian, bagaimana ciri khas tersebut dilebih-lebihkan sering bergantung pada gaya menggambar masing-masing karikaturis.
Penggunaan karikatur dalam pengenalan wajah dan persepsi wajah telah ditelaah dalam bidang psikologi kognitif, persepsi visual, visi komputer, dan pengenalan pola. Penelitian menunjukkan bahwa gambar wajah yang dilebih-lebihkan—menggunakan sistem pembuat karikatur terkomputerisasi seperti yang disebutkan di atas—secara umum lebih mudah dikenali daripada foto orang tersebut. Hal ini dikenal sebagai caricature effect (‘efek karikatur’). Penelitian juga menunjukkan adanya reverse-caricature effect (‘efek karikatur balik’), yaitu bahwa orang yang sudah pernah melihat karikatur seseorang kemudian menjadi lebih mudah mengenali foto orang tersebut. Fenomena ini diduga disebabkan oleh ciri-ciri wajah yang memang berbeda dan dilebih-lebihkan dalam karikatur membuat wajah lebih mudah dikenali. Ciri-ciri wajah yang lain daripada yang lain merupakan hal penting dalam pengenalan wajah dan wajah yang memiliki ciri khusus memang lebih mudah dikenali daripada wajah yang umum.
Karena Selain sebagai bentuk seni dan hiburan, karikatur juga telah digunakan dalam bidang psikologi untuk meneliti bagaimana manusia mengenali wajah.


TUJUAN
Adapun Tujuan saya tentang tema karikatur itu sendiri adalah :
1.       Mengenalkan kepada masyarakat tentang pentingnya karikatur dalam kehidupannya.
2.       Mengenalkan kepada masyarakat bahwa karikatur memiliki banyak fungsi dalam kehidupannya, sepeti memudahkan orang dalam mengenali wajah seseorang melalui karikatur dibnadingkan gambar lainnya.
3.       Memberikan informasi kepada masyarakat tentang karikatur itu apa.
4.       Memberikan infomasi kepada masyarakat bahwa karikatur itu bersifat bebas dan positif.
5.       Memudahkan masyarakat dalam mengekspresikan perasaannya melalui karikatur.
6.       Sebagai bentuk seni dan hiburan kepada masyarakat.
7.       Memudahkan seseorang untuk mengenali wajah dalam bidang psikologi.
8.       Memberikan informasi bahwa karikatur juga bermanfaat dalam bidang psikologi.


SASARAN
Sasaran dari tema yang saya buat ini ditujukan kepada semua kalangan masyarakat, baik itu siswa-siswa, mahasiswa-mahasiswi, serta khususnya para pecinta seni maupun karikaturis. Karena pada dasarnya mereka yang paling berhak untuk menerima dan mengetahui informasi ini. Karena tema tersebut memiliki banyak manfaat. Terutama untuk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar