Rabu, 18 Desember 2013

Manfaat Karikatur dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Karikatur dalam Kehidupan sehari-hari

Dilihat dari makna karikatur itu sendiri bahwa Karikatur adalah suatu bentuk gambar yang sifatnya klise, sindirian, kritikan, dan lucu. Karikatur merupakan ungkapan perasaan seseorang yang diekspresikan agar diketahui khlayak. Karikatur seringkali berkaitan dengan masalah-masalah politik dan sosial. Karikatur sebagai media komunikasi mengandung pesan, kritik atau sendiran tanpa banyak komentar, tetapi cukup dengan dengan gambar yang sifatnya lucu sekaligus mengandung makna yang dalam atau pedas.

meskipun dikatan seperti itu ternyata setelah diteliti bahwa Karikatur memiliki banyak manfa'at maupun fungsi bagi kehidupan kita.
Manfaat dari karikatur tu sendiri antara lain :  

1. sebagai media untuk kesenangan semata.
Karikatur sebagai media kesenangan semata biasanya digunakan hanya untuk keinginan kita semata seperti bahan lelucon yang biasanya memang sengaja kita buat hanya untuk senang-senang saja. 



2.Sebagai Media Pembelajaran.
Karikatur sebagai media pembelajaran mempunyai makna penting.
Penggunaan media pembelajaran sangat membantu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Pengadaannya tidak harus memerlukan biaya, waktu dan tenaga yang banyak. Benda-benda yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Dalam hal ini kreatifitas guru sangat dibutuhkan untuk memilih media yang cocok bagi siswa. Sesuatu yang nampaknya sepele akan berdaya guna tinggi bila guru mampu memanfaatkannya.
Dalam belajar menulis, terutama menulis opini, karikatur dimungkinkan untuk digunakan sebagai media pembelajar. karikatur yang bersifat akan menarik perhatian serta menumbuhkan minat belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa karikatur bisa menjadikan bahan berguna di kelas.


3.Sebagai peluang usaha/bisnis.
Karikatur selain digunakan sebagai media pembelajaran maupun media yang nmengandung makna menyindir ternyata juga dapat digunakan sebagai alat untuk berbisnis. salah satunya seperti bisnis kaos karikatur maupun gambar karikatur yang biasanya dapat dipesan langsung maupun lewat online.







4. Sebagai media Komunikasi.
Gambar karikatur selain digunakan untuk membuat gambar sindiran maupun gambar tentang peristiea kondisi saat ini dapat juga digunakan sebagai media komunikasi seperti karikatur yang sengaja digambar atau dibuat untuk mengungkapkan perasaan kepada seseorang maupun berdialog kepada seseorang melalui karikatur. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar